Home / Berita Fakultas / Kuliah Tamu “Pemamfaatan Teknologi Big data dan Internet of Thing menghadapi Revolusi Industri 4.0”

Kuliah Tamu “Pemamfaatan Teknologi Big data dan Internet of Thing menghadapi Revolusi Industri 4.0”

Sabtu, 29 September 2018, Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Samudra melaksanakan kuliah tamu dengan tema “Pemamfaatan Teknologi Big Data dan Internet of Thing menghadapi revolusi Industri 4.0. Kuliah ini di isi oleh bapak Dr. Taufik Abidin, S.Si.,M.Tech dan bapak Dr. Ramzi Adriman, S.T.,M.Sc. Bapak Taufik  Abidin sendiri merupakan dosen  Teknik Informatika dan ketua LPPM Universitas Syiah Kuala, dan bapak Ramzi Adriman merupakan  dosen Teknik informatika Universitas Syiah Kuala dan juga ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) cabang provinsi Aceh.

Pengolahan dan pemanfaatan data yang masif atau yang biasa dikenal dengan teknologi big data telah menjadi faktor penting yang melandasi revolusi industry 4.0. Kini data bukan lagi faktor pelengkap, namun telah menjadi senjata utama untuk memenangi persaingan di berbagai bidang. Inilah salah satu hal yang membuat perusahaan google sangat maju, karena memiliki data yang lebih banyak dari yang lain.

Internet of Things adalah alat yang terhubung dengan internet dan saling terintegrasi. Sebagai contoh, lampu ruangan yang terkoneksi dengan internet dan bisa terintegrasi dengan smartphone sebagai pengaturnya

Internet of things sangat erat hubungannya dengan Revolusi Industri 4.0 karena IoT adalah unsur utama dalam revolusi industri 4.0. IoT berpengaruh dalam berbagai macam industri seperti manufaktur, logistik, kesehatan, tata kota, rumah, pertanian, bahkan industri otomotif. Fungsi utama IoT pada dasarnya sebagai data miner. IoT bekerja mencari dan mengumpulkan berbagai data dari lapangan yang nantinya akan diolah menjadi data yang lebih bermanfaat.

Check Also

Penanaman Pohon Jeumpa Fakultas Teknik

  Sabtu, 10 Februari 2018, Fakultas Teknik Universitas Samudra melaksanakan penanaman massal pohon simbol budaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *