Home / Profil / Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Fakultas Teknik 2020

Tugas Pokok dan Fungsi serta koordinasi organisasi FT UNSAM

Dekan

Memimpin pelaksanaan pengembangan pendidikan tinggi sesuai kompetensinya. Dekan mempunyai tugas antara lain sebagai berikut:

  1. Mengelola pelaksanaan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni;
  2. Mengelola pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat guna penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni;
  3. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika;
  4. Melaksanakan urusan tata usaha fakultas;
  5. Menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi Rencana Strategis yang hendak dicapai dalam masa jabatannya;
  6. Menyusun Program Kerja dan Anggaran Tahunan Fakultas;
  7. Mengkoordinasikan dan memantau kegiatan pendidikan, penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni, dan pengabdian kepada masyarakat;
  8. Melaksanakan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain di dalam dan luar negeri;
  9. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama dengan pihak lain;
  10. Mengusulkan pemberian gelar doktor kehormatan bagi seseorang yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku setelah mendapatkan pertimbangan Senat Fakultas;
  11. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Rektor setelah mendapat penilaian Senat Fakultas.

Wakil Dekan

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mempunyai tugas antara lain sebagai berikut:

  1. Merencanakan, mengembangkan, dan melakukan inventarisasi serta evaluasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat;
  2. Membina tenaga kependidikan;
  3. Menelaah pembukaan program studi baru di berbagai strata pendidikan;
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran;
  5. Melakukan pemantauan dan evaluasi sistem penerimaan mahasiswa baru;
  6. Melakukan pengendalian standarisasi mutu pendidikan akademik dan profesi;
  7. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi akademik dan bertanggung jawab dalam penyelesaian dokumen guna keperluan akreditasi program studi;
  8. Melaksanakan rintisan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain di dalam dan luar negeri;
  9. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Akademik;
  10. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan evaluasi kegiatan kemahasiswaan;
  11. Melakukan pembinaan kesejahteraan mahasiswa;
  12. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa;
  13. Melakukan koordinasi dengan Pengurus Komisariat Ikatan Alumni Fakultas Teknik UNSAM;
  14. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan;
  15. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan

Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan mempunyai tugas antara lain sebagai berikut:

  1. Merencanakan dan mengelola anggaran pendapatan dan belanja Fakultas;
  2. Melakukan pembinaan karier dan kesejahteraan Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi;
  3. Mengurus ketatausahaan, kerumahtanggaan, ketertiban dan keamanan Fakultas;
  4. Menyelenggarakan hubungan masyarakat;
  5. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi umum;
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi
  7. Melakukan koordinasi penyusunan Daftar Usulan Kegiatan, Daftar Isian Proyek, dan Daftar Isian Kegiatan setiap unit kerja;
  8. Melakukan koordinasi hasil Laporan Kinerja Instansi Pemerintah di Fakultas;
  9. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum;
  10. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan

Keordinator Program Studi

  • Melaksanakan kegiatan administratif dan kesekretariatan Program Studi;
  • Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan Program Studi;
  • Mengkoordinasikan kegiatan proses belajar mengajar bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian;
  • Menyusun jadwal perkuliahan di tingkat Program Studi
  • Mengkoordinasikan kegiatan laboratorium/studio di lingkungan Program Studi;
  • Mengkoordinasikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan dan atau Kuliah Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa;
  • Menyusun basis data akademik kemahasiswaan di Program Studi;
  • Menyusun basis data kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Program Studi

Kepala Laboratorium/Studio

  1. Merencanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Laboratorium/Studio;
  2. Menyusun rencana operasional dan pengembangan laboratorium/studio;
  3. Memberikan pelayanan bagi sivitas akademika untuk melakukan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. Menyiapkan jadwal kegiatan laboratorium/studio;
  5. Mengkoordinasikan segala kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam laboratorium/studio;
  6. Melakukan pembinaan kepada anggota laboratorium/studio;
  7. Menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam rangka resource sharing dan pemberdayaan laboratorium/studio;
  8. Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan sarana prasarana dan kegiatan dalam laboratorium/studio;
  9. Berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Dosen Keahlian terkait pengembangan ilmu dan proses belajar mengajar;
  10. Melaporkan kegiatan sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Program Studi.

Unsur Pelaksana Administrasi

  1. Kepala Bagian Tata Usaha
    1. Membantu Pimpinan Fakultas dalam penyusunan Program Kerja dan Anggaran;
    2. Mengkoordinasikan kegiatan yang terkait dengan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan kemahasiswaan;
    3. Memberikan layanan administrasi yang bersifat umum bagi kepentingan sivitas akademika fakultas;
    4. Menyiapkan dan menyimpan semua dokumen operasional keuangan dan kepegawaian fakultas;
    5. Melakukan pembinaan kepada semua pegawai administrasi fakultas;
    6. Melakukan pemantauan dan evaluasi semua kegiatan administrasi di fakultas;
    7. Menyampaikan laporan secara periodik kepada Dekan

 Kepala Sub Bagian Akademik

  1. Membantu Pimpinan Fakultas/Program Studi dalam penyusunan rencana serta pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan administrasi akademik;
  2. Melakukan pendokumentasian data akademik setiap mahasiswa;
  3. Melakukan koordinasi dengan para kepala urusan pendidikan Program Studi terkait dengan ketertiban administrasi dalam proses belajar mengajar;
  4. Menghimpun dan mengarsip soal-soal serta nilai ujian semester;
  5. Menyiapkan surat-surat keputusan (SK) terkait kegiatan akademik (misal: SK mengajar, SK Dosen wali, dan sebagainya);
  6. Menyiapkan form-form isian terkait dengan kegiatan dalam proses belajar mengajar;
  7. Menjalankan segala kegiatan lain yang terkait dengan administrasi akademik;
  8. Menyampaikan laporan secara periodik kepada atasan langsung.

Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian

  1. Membantu Pimpinan Fakultas/Program Studi dalam penyusunan rencana serta pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan administrasi keuangan dan kepegawaian;
  2. Menghimpun serta mendokumentasikan semua data keuangan dan kepegawaian;
  3. Menyiapkan proses administratif usulan kenaikan pangkat, pemberian penghargaan, asuransi kesehatan, TASPEN, purna tugas, dan lain-lainnya;
  4. Menyampaikan laporan secara periodik kepada atasan langsung

 Kepala Sub bagian Kemahasiswaan

  1. Membantu Pimpinan Fakultas/Program Studi dalam penyusunan rencana serta pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan administrasi kemahasiswaan dan kegiatan kelembagaan mahasiswa;
  2. Mengkoordinir kegiatan penerimaan beasiswa, kegiatan rekrutmen, kegiatan wisuda serta kegiatan terkait lainnya;
  3. Menghimpun serta mendokumentasikan semua kegiatan dan aktivitas kemahasiswaan;
  4. Melakukan pengumpulan data mahasiswa dan alumni sesuai bidang kebutuhannya;
  5. Menyampaikan laporan secara periodik kepada atasan langsung.