Home / Profil / Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Tugas Pokok dan Fungsi serta koordinasi organisasi FT UNSAM

Dekan

Memimpin pelaksanaan pengembangan pendidikan tinggi sesuai kompetensinya. Dekan mempunyai tugas antara lain sebagai berikut:

  1. Mengelola pelaksanaan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni;
  2. Mengelola pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat guna penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni;
  3. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika;
  4. Melaksanakan urusan tata usaha fakultas;
  5. Menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi Rencana Strategis yang hendak dicapai dalam masa jabatannya;
  6. Menyusun Program Kerja dan Anggaran Tahunan Fakultas;
  7. Mengkoordinasikan dan memantau kegiatan pendidikan, penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni, dan pengabdian kepada masyarakat;
  8. Melaksanakan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain di dalam dan luar negeri;
  9. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama dengan pihak lain;
  10. Mengusulkan pemberian gelar doktor kehormatan bagi seseorang yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku setelah mendapatkan pertimbangan Senat Fakultas;
  11. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Rektor setelah mendapat penilaian Senat Fakultas.

Wakil Dekan

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mempunyai tugas antara lain sebagai berikut:

  1. Merencanakan, mengembangkan, dan melakukan inventarisasi serta evaluasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat;
  2. Membina tenaga kependidikan;
  3. Menelaah pembukaan program studi baru di berbagai strata pendidikan;
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran;
  5. Melakukan pemantauan dan evaluasi sistem penerimaan mahasiswa baru;
  6. Melakukan pengendalian standarisasi mutu pendidikan akademik dan profesi;
  7. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi akademik dan bertanggung jawab dalam penyelesaian dokumen guna keperluan akreditasi program studi;
  8. Melaksanakan rintisan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain di dalam dan luar negeri;
  9. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Akademik;
  10. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan evaluasi kegiatan kemahasiswaan;
  11. Melakukan pembinaan kesejahteraan mahasiswa;
  12. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa;
  13. Melakukan koordinasi dengan Pengurus Komisariat Ikatan Alumni Fakultas Teknik UNSAM;
  14. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan;
  15. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan

Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan mempunyai tugas antara lain sebagai berikut:

  1. Merencanakan dan mengelola anggaran pendapatan dan belanja Fakultas;
  2. Melakukan pembinaan karier dan kesejahteraan Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi;
  3. Mengurus ketatausahaan, kerumahtanggaan, ketertiban dan keamanan Fakultas;
  4. Menyelenggarakan hubungan masyarakat;
  5. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi umum;
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi
  7. Melakukan koordinasi penyusunan Daftar Usulan Kegiatan, Daftar Isian Proyek, dan Daftar Isian Kegiatan setiap unit kerja;
  8. Melakukan koordinasi hasil Laporan Kinerja Instansi Pemerintah di Fakultas;
  9. Melakukan koordinasi fungsional dengan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum;
  10. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan

Keordinator Program Studi

  • Melaksanakan kegiatan administratif dan kesekretariatan Program Studi;
  • Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan Program Studi;
  • Mengkoordinasikan kegiatan proses belajar mengajar bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian;
  • Menyusun jadwal perkuliahan di tingkat Program Studi
  • Mengkoordinasikan kegiatan laboratorium/studio di lingkungan Program Studi;
  • Mengkoordinasikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan dan atau Kuliah Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa;
  • Menyusun basis data akademik kemahasiswaan di Program Studi;
  • Menyusun basis data kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Program Studi

Kepala Laboratorium/Studio

  1. Merencanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Laboratorium/Studio;
  2. Menyusun rencana operasional dan pengembangan laboratorium/studio;
  3. Memberikan pelayanan bagi sivitas akademika untuk melakukan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. Menyiapkan jadwal kegiatan laboratorium/studio;
  5. Mengkoordinasikan segala kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam laboratorium/studio;
  6. Melakukan pembinaan kepada anggota laboratorium/studio;
  7. Menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam rangka resource sharing dan pemberdayaan laboratorium/studio;
  8. Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan sarana prasarana dan kegiatan dalam laboratorium/studio;
  9. Berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Dosen Keahlian terkait pengembangan ilmu dan proses belajar mengajar;
  10. Melaporkan kegiatan sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Program Studi.

Unsur Pelaksana Administrasi

  1. Kepala Bagian Tata Usaha
    1. Membantu Pimpinan Fakultas dalam penyusunan Program Kerja dan Anggaran;
    2. Mengkoordinasikan kegiatan yang terkait dengan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan kemahasiswaan;
    3. Memberikan layanan administrasi yang bersifat umum bagi kepentingan sivitas akademika fakultas;
    4. Menyiapkan dan menyimpan semua dokumen operasional keuangan dan kepegawaian fakultas;
    5. Melakukan pembinaan kepada semua pegawai administrasi fakultas;
    6. Melakukan pemantauan dan evaluasi semua kegiatan administrasi di fakultas;
    7. Menyampaikan laporan secara periodik kepada Dekan

 Kepala Sub Bagian Akademik

  1. Membantu Pimpinan Fakultas/Program Studi dalam penyusunan rencana serta pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan administrasi akademik;
  2. Melakukan pendokumentasian data akademik setiap mahasiswa;
  3. Melakukan koordinasi dengan para kepala urusan pendidikan Program Studi terkait dengan ketertiban administrasi dalam proses belajar mengajar;
  4. Menghimpun dan mengarsip soal-soal serta nilai ujian semester;
  5. Menyiapkan surat-surat keputusan (SK) terkait kegiatan akademik (misal: SK mengajar, SK Dosen wali, dan sebagainya);
  6. Menyiapkan form-form isian terkait dengan kegiatan dalam proses belajar mengajar;
  7. Menjalankan segala kegiatan lain yang terkait dengan administrasi akademik;
  8. Menyampaikan laporan secara periodik kepada atasan langsung.

Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian

  1. Membantu Pimpinan Fakultas/Program Studi dalam penyusunan rencana serta pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan administrasi keuangan dan kepegawaian;
  2. Menghimpun serta mendokumentasikan semua data keuangan dan kepegawaian;
  3. Menyiapkan proses administratif usulan kenaikan pangkat, pemberian penghargaan, asuransi kesehatan, TASPEN, purna tugas, dan lain-lainnya;
  4. Menyampaikan laporan secara periodik kepada atasan langsung

 Kepala Sub bagian Kemahasiswaan

  1. Membantu Pimpinan Fakultas/Program Studi dalam penyusunan rencana serta pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan administrasi kemahasiswaan dan kegiatan kelembagaan mahasiswa;
  2. Mengkoordinir kegiatan penerimaan beasiswa, kegiatan rekrutmen, kegiatan wisuda serta kegiatan terkait lainnya;
  3. Menghimpun serta mendokumentasikan semua kegiatan dan aktivitas kemahasiswaan;
  4. Melakukan pengumpulan data mahasiswa dan alumni sesuai bidang kebutuhannya;
  5. Menyampaikan laporan secara periodik kepada atasan langsung.