Home / Profil / Sejarah

Sejarah

Kelahiran Universitas Samudra Langsa pada 1 April 1970 dengan izin operasional menjalankan Sekolah Tinggi Ekonomi serta Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, tidak lepas dari keinginan besar masyarakat Kabupaten Aceh Timur untuk menyediakan fasilitas pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat dalam usaha pengembangan sumber daya manusia berkualitas.

Pada tanggal 22 Oktober 1985 berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 0477/0/1985, Universitas Samudra Langsa memperoleh status Terdaftar empat fakultas meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Keempat fakultas tersebut memperoleh status Diakui berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0751/0/1990 tanggal 31 Desember 1990.

Pada tahun 1992 Universitas Samudra Langsa Status Terdaftar Tiga Program studi pada fakultas Teknik sesuai SK Mendiknas RI Nomor 233/DIKTI/KEP/1992. Ketiga program studi tersebut adalah Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Mesin, dan Program Studi Teknik Industri. Pada Tahun 2006 keseluruh program studi tersebut memperoleh izin penyelenggaran sesuai dengan SK Dirjen Dikti nomor DIKTI 496/D/T/2006 Untuk Program Studi Teknik Sipil, SK Dirjen Dikti nomor DIKTI 497/D/T/2006 Untuk Program Studi Teknik Mesin, dan SK Dirjen Dikti nomor DIKTI 495/D/T/2006 Untuk Program Studi Teknik Industri.

Fakultas Teknik Unsam telah berperan aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membantu mengatasi berbagai persoalan bangsa, dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan mandat keilmuan yang diembannya. Dalam mendukung upaya mewujudkan visi dan misinya.

Saat ini jumlah lulusan Fakultas Teknik Unsam telah mencapai 200 orang dengan sebaran lulusan mencapai seluruh Indonesia didalam berbagai bidang baik pada sektor industri, swasta, pemerintahan dan pendidikan. Dengan kapasitas yang ada, kehadiran para lulusan Fakultas Teknik Unsam telah memberikan dharma baktinya yang berarti didalam pembangunan bangsa khususnya Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Taminag, maupun di bagian lain Indonesia.

Sumber daya dosen Fakultas Teknik Unsam total 23 dosen, seluruhnya memiliki pendidikan akhir Magister dan komposisi ini akan terus berkembang dikarenakan hampir 25% dosen masih sedang menjalani pendidikan pada level Magister dan Doktor. Pelaksanaan adminsitrasi Fakultas Teknik didukung dengan baik oleh tenaga administrasi, tenaga laboran dan teknisi yang berjumlah 2 orang. Upaya peningkatan kualitas dan kompetensi dosen dan staf pendukung ini akan terus dilaknasakan dalam rangka memperkuat kapasistas institusional dalam menunjang perwujudan visi dan misi Fakultas Teknik.