Home / Riset & Publikasi / Tim PKM dari Fakultas Teknik Latih Pembuatan Pakan Udang dan Alat Pemberi Pakan Otomatis

Tim PKM dari Fakultas Teknik Latih Pembuatan Pakan Udang dan Alat Pemberi Pakan Otomatis

Tim pengabdian Fakultas Teknik Universitas Unsam (Unsam) Prodi Teknik Industri, Teknik Sipil dan Teknik Informatika melalui hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) didanai Kemristek/BRIN TA2020 memberikan pelatihan pembuatan pakan udang dan alat pemberi pakan otomatis ke BUMG Gampong Seuneubok Baroh Kec Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur.

Ketua Tim Pengabdian Fakultas Teknik Universitas Unsam (Unsam), Heri Irawan, ST, MT didampingi anggota Faiz Isma, ST, MT dan Ahmad Ihsan, ST, MT, Minggu (9/8) mengatakan, dipilihnya Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Gampong Seuneubok Baroh Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur sebagai pemilihan lokasi, karena di lokasi tersebut terdapat tempat pelelangan Ikan (TPI).

Selain itu, mayoritas penduduknya sebagai nelayan dan petambak udang, di mana untuk saat ini masalah pakan yang paling dirasakan petambak sebagai beban biaya produksi yang mencapai 60 persen.

Menjawab Permasalahan Yang Dihadapi

Apalagi, sambung Heri Irawan, kenaikan harga pakan yang mencapai 80 persen dari harga semula sangat dirasakan petambak udang. “Disamping itu petambak belum mempunyai pengetahuan yang baik tentang metode pemberian pakan yang pas dan efisien sehingga diharapkan dengan kegiatan ini menjawab permasalahan yang dihadapi mitra,” ujarnya.

Lanjut Heri Irawan, inovasi alat yang diberikan ke masyarakat dalam kegiatan ini adalah adanya mesin kombinasi mixer dan pencetak pakan udang yang dijadikan dalam satu alat.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam pembuatan pakan udang. Inovasi kedua yaitu alat pemberi pakan otomatis dibangun menggunakan modul mikrokontroler arduino, modul Real Time Clock (RTC) dan sistem pelempar pakan.

Kemudian, prinsip kerja alat pemberi pakan udang adalah pakan udang terlempar secara horizontal akibat gaya sentrifugal. Dengan adanya pengaruh gaya sentrifugal dari piringan penebar, maka pakan akan terlempar keseluruh permukaan tambak.

“Pemberian pakan dikontrol dengan menggunakan Arduino, dengan mengatur waktu pemberian pakan dan jumlah pakan yang akan diberikan. Sehingga melalui pelatihan ini diharapkan menjadi solusi dari permasalahan mitra yang saat ini dihadapi,” tandasnya.

Original Text : https://waspada.id/

Check Also

QUIMICA Volume 1 Nomor 2 Oktober 2019

Jurnal Quimica diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan Oktober) oleh Program Studi Kimia, Fakultas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *